BANGGAI TIMES, Luwuk – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Pendampingan Penginputan di ARKAS BOSP – BOS Kinerja yang diikuti oleh para operator sekolah dari jenjang PAUD, SD, dan SMP.
Kegiatan ini bertujuan mendukung implementasi program prioritas nasional dalam bidang pendidikan berbasis teknologi, khususnya Deep Learning dan Coding di satuan pendidikan.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 28 Juni 2025 ini dihadiri oleh jajaran pejabat struktural Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai, mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai, syafrudin Hinelo, antara lain Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Samsul Bahri Lanta, Kabid Pembinaan SD Ichwan Amatahir, dan Kabid Pembinaan SMP Irma Labuan, beserta para Kepala Seksi Sarana Prasarana dan staf teknis.
Kegiatan ini bertujuan untuk:
1. Meningkatkan pemahaman satuan pendidikan terhadap penggunaan aplikasi ARKAS dalam perencanaan dan pelaporan dana BOS.
2. Mendorong integrasi program pembelajaran digital seperti Deep Learning dan Coding di lingkungan sekolah.
3. Memastikan kesesuaian penginputan rencana kegiatan dan anggaran dengan juknis BOS Kinerja.
Selama kegiatan, peserta mendapatkan pendampingan teknis intensif terkait penginputan program pembelajaran digital melalui ARKAS, sekaligus memahami komponen pembiayaan yang relevan. Hasil yang dicapai antara lain:
1. Peningkatan kapasitas operator, bendahara, dan kepala sekolah dalam penggunaan ARKAS versi terbaru.
2. Meningkatnya kesiapan sekolah untuk mengadopsi pembelajaran berbasis teknologi.
3. Teridentifikasinya sekolah-sekolah yang siap menjadi percontohan pelaksanaan pembelajaran coding dan kecerdasan buatan.
4. Tersusunnya rencana tindak lanjut berupa pelatihan lanjutan, pendampingan teknis, serta penguatan sarana dan prasarana digital.
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai berkomitmen untuk terus mendorong transformasi digital di lingkungan pendidikan, guna menciptakan generasi yang melek teknologi dan siap menghadapi tantangan abad ke-21. *