Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Pemda Banggai

Bupati Banggai Bersama Wabup Salurkan Zakat Mal ke Baznas

×

Bupati Banggai Bersama Wabup Salurkan Zakat Mal ke Baznas

Sebarkan artikel ini
Bupati Banggai bersama Wabup dan Sekda menyalurkan zakat mall ke Baznas Kabupaten Banggai, Rabu (03/04/2024). (Foto : PROKOPIM Banggai)
Example 468x60

BANGGAITIMES.ID – Bupati Banggai Ir. H. Amirudin MM., AIFO , bersama Wakil Bupati Drs. H. Furqanuddin Masulili bersama Sekda Banggai Ir. Abdullah Ali M.Si., menyalurkan zakat mal kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Banggai, Rabu (03/04/2024) bertempat di Ruang Rapat Umum Kantor Bupati Banggai.

Kegiatan dilaksanakan oleh Baznas Kabupaten Banggai AKBP Ade Nuramdani, turut Hadir Kapolres Banggai, Dandim 1308 LB, Sekda Kabupaten Banggai, Assisten 1 Setda Banggai, Pimpinan Perangkat Daerah, Pimpinan Perbankan, Ketua Baznas Bersama Jajarannya, Para Camat, dan Para Kabag Setda Banggai. 

Example 300x600

Bupati Banggai dalam sambutannya menyampaikan, lembaga penyerahan zakat yang merupakan salah satu kewajiban Umat Islam.

“Atas nama pimpinan daerah saya ucapkan terima kasih kepada Badan Amil Zakat Nasional  (BAZNAS) Kabupaten Banggai yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, serta telah bekerja secara maksimal dalam mempersiapkan segala sesuatunya hingga saat pelaksanaan pada pagi hari ini,” ucap Bupati.

Baca juga:   Hari Ke 2 Pelantikan, Bupati Banggai Ambil Sumpah 6 Camat

Lanjut kata Bupati Amirudin, atas laporan dari Ketua Baznas Kab. Banggai, dirinya bersyukur bahwa pada tahun 2023, telah melampaui batas dari target pengumpulan zakat yang ditentukan.

“Memang tidak mudah untuk mengumpulkan zakat tapi kalau zakat fitrah itu merupakan kewajiban kita,” Ucap Bupati Amirudin

Oleh sebab itu kata Bupati, masih ada sebagian dari masyarakat dan orang-orang tertentu utamanya di kampung-kampung yang mengeluarkan zakat fitrahnya itu diberikan kepada orang-orang yang biasa mendoakannya seperti imam masjid.

Kemudian tentang Zakat Mall, Bupati berpesan, yang membayarkan zakat mallnya itu dilakukan sendiri karena memang sebagian orang yang memberikan zakat mallnya itu mulai dari keluarga terdekatnya, kemudian tetangga dan lain sebagainya.

Tetapi lembaga Amil Zakat merupakan salah satu lembaga yang mengurus betul kalau ada penerimaan zakat.

Baca juga:   Tanamkan Nilai Pramuka Sejak Dini, Bupati Amirudin Buka Camping Day Prasiaga PAUD 2023

“Karena imanlah yang ada dalam hati kita yang bisa menggerakkan hati kita untuk membayar zakat, karena zakat harta itu adalah titipan yang Allah berikan kepada kita kalau harta itu mau lama kepada kita maka keluarkanlah sebagian zakatnya untuk diberikan kepada yang berhak menerima,” pesan Bupati.

Bupati juga mengapresiasi program-program Baznas Banggai dalam mengumpulkan dan menyalurkan zakat yang.

“Tadi saya mendengarkan laporannya ada beberapa agenda-agenda yang sudah dilakukan mudah-mudahan dengan masyarakat paham akan zakat, dan melihat upaya dari pada zakat nasional kalau semua umat Islam bisa mengeluarkan atau membayar zakat itu sendiri,” tutup Bupati Amirudin. 

Pada momentum ini, Bupati Banggai juga memperoleh penghargaan dari BAZNAS Provinsi Sulawesi Tengah atas dukungannya kepada BAZNAS Kabupaten Banggai. *

(Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Setda Banggai)

Example 300250
Example 120x600