Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Kecamatan

Usung Tema Nusantara Baru Indonesia Maju, Upacara HUT RI ke 79 di Balut Berlangsung Hikmad

×

Usung Tema Nusantara Baru Indonesia Maju, Upacara HUT RI ke 79 di Balut Berlangsung Hikmad

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

BANGGAITIMES .ID – Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 79 tahun yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Banggai Laut berlangsung lancar,tertib dan hikmad,Sabtu (17/8/2024)

Example 300x600

Upacara yang berlangsung di kawasan Taman Kota Banggai ,mengusung  tema “Nusantara Baru Indonesia Maju”. Pada moment itu,Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup). 

Sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banggai Laut turut hadir dan menyaksikan kegiatan tersebut antara lain, Sekda Banggai Laut Ruslan, Ketua DPRD Banggai Laut Mahdiani Bukamo, Wakil Ketua II DPRD Banggai Laut Jamaludin R Bunsiang, para anggota DPRD Banggai Laut, Kepala Kejaksaan Negeri Banggai Laut Reinhard Tololiu, Unsur Forkopimda, tokoh Adat, tokoh agama, tokoh Pemuda serta undangan lainnya.

Baca juga:   Semarakan HUT RI Ke 79,Kades Pohi Gelar Berbagai Lomba 

Kegiatan diawali dengan penghormatan pasukan kepada Inspektur upacara dipimpin oleh komandan upacara. Laporan komandan upacara kepada inspektur upacara. Dan selanjutnya Detik-detik Proklamasi dan Pembacaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Mahdiani Bukamo. Mengheningkan Cipta dipimpin oleh inspektur Upacara Bupati Sofyan Kaepa.

“Untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita, hening cipta dimulai,” kata Irup Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa.

Setelah mengheningkan cipta selesai, dilanjutkan dengan pembacaan Doa oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Laut dan berikutnya Pengibaran Sang Merah Putih oleh anggota Paskibraka.

Upacara peringatan HUT RI yang ke-79 tahun ini sedikit berbeda jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, tahun ini bendera Merah Putih yang dikibarkan oleh anggota Paskibraka merupakan bendera duplikat yang diserahkan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa. 

Baca juga:   Warga Bahagia, Pemdes Kayutanyo Salurkan BLT-DD APBDes 2024

Tahun ini juga Anggota Paskibraka lengkap, mulai dari pasukan 17, pasukan 8 dan pasukan 45 yang terdiri dari anggota Polri dan TNI. 

Setelah selesai pelaksanaan upacara peringatan HUT RI yang ke-79 tahun dilanjutkan dengan beberapa kegiatan lainnya, seperti pemberian penghargaan pada DinkesKBPP, Penyerahan SK pensiun kepada beberapa PNS, pengumuman dan penyerahan hadiah untuk lomba peringatan HUT RI. 

(Parlin Yusuf)

Example 300250
Example 120x600