Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Kecamatan

Limbah PT Sasl and Sons Cemari Lingkungan, Adnan : DLH Jangan Hanya Diam

×

Limbah PT Sasl and Sons Cemari Lingkungan, Adnan : DLH Jangan Hanya Diam

Sebarkan artikel ini
Limbah PT Sasl
Example 468x60

BANGGAITIMES.ID – Meski telah ditegur bahkan sudah berulang-ulang kali, PT. Sasl and Sons, perusahan kelapa putih yang beroperasi di Desa Kayutanyo terus saja melakukan pengrusakan linkungan dengan membuang limbah kelapa ke laut.

Mirisnya limbah tersebut selain mengeluarkan bau busuk serta mengancam ekosistem dalam laut, ternyata limbah tersebut belum memenuhi indakator sterilisasi sehingga dampaknya sangat berbahaya dan merugikan manusia kesehatan dan kehidupan laut.

Example 300x600

Air limbah mengangkut patogen, nutrisi, kontaminan, dan zat padat ke laut yang dapat menyebabkan pemutihan karang serta penyakit dan kematian pada karang, ikan, dan kerang.

Ketua Forum Peduli Masyarakat Luwuk Timur (FPML) Adnan Basia kepada Banggai Times menyayangkan sikap perusahan yang super cuek soal limba itu.

Baca juga:   Kondisi Dermaga Desa Paisumosoni Rusak Parah,Kades : Semoga Diperbaiki

Padahal kata Adnan, persoalan limbah ini sudah sering kali di sampaikan ke perusahan agar di kelolah dengan baik agar tidak terjadi pencemaran lingkungan.

“Namun sampai hari ini perusahan tidak mengindahkannya bahkan kasus ini sudah di suarakan melalui wakil rakyat maupun instansi terkait,”ujar Nan Jumat (9/8/2024)

“Bandel butul ini Persuhaan te tau bagaaimana caranya supaya dorang mo dengar, masyarakat sudah resah dengan apa yang mereka buat, bukan memperbaiki lingkungan tapi merusak lingkungan,” tambahnya.

Baca juga:   Sambut Nataru 2024, KUPP Kelas III BUNTA Siap Beri Pelayanan Terbaik

Ia berharap persoalan limbah ini yang sudah bertahun-tahun tidak tindak lanjut oleh pihak-pihak terkait justru akan menambah ketidakpercayaan publik pada pemerintah. Seyogianya hal ini perlu perlu ada tindakan tegas dari pihak berwenang.

“Kami berharap pemerintah Kabupaten Banggai, khususnya dinas terkait, segera mengambil langkah nyata untuk menangani masalah ini. Jika tidak segera ditangani, pencemaran ini akan semakin parah dan dapat merusak lingkungan lebih luas. Sekali lagi kami harap Dinas Perikanan dan Kelautan, serta Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) segera mengambil sikap jangan tinggal diam, tegasnya. *

(Parlin Yusuf)

Example 300250
Example 120x600